26 Student dari 17 Provinsi di Indonesia Terpilih Mengikuti Studi ke Amerika

Jakarta, eksposenews.com – American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) akan melaksanakan kegiatan pre-departure orientation (PDO) bagi 26 penerima beasiswa Community College Initiative (CCI) Program, sebuah program yang disponsori US State Department.

Dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan AS pada tahun 2019 ini, 26 orang penerima beasiswa CCI Program akan dibiayai oleh Kedutaan AS, Jakarta. Kegiatan berlangsung di DoubleTree by Hilton Hotel,Makara 3, ground floor Jl. Pegangsaan Timur No. 17, Cikini – Menteng, Jakarta Pusat Rabu, (19/6).

Acara ini merupakan pembekalan bagi ke 26 orang penerima beasiswa CCI yang berasal dari 17 propinsi di Indonesia, dimana mereka akan memulai perkuliahan di AS pada semester ganjil 2019 selama 2 semester. Pembekalan termasuk berbagai informasi seperti bagaimana menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial dan akademis di AS, pemahaman budaya, dan sesi berbagi informasi yang melibatkan beberapa alumni CCI Program sebagai mentor.

Dua puluh enam orang Indonesia akan belajar selama satu tahun diberbagai community college di AS melalui Departemen Luar Negeri AS-Program Community College Initiative (CCIP) yang didanai dimulai pada Juli 2019.

Ucapan sambutan akan diberikan oleh Acting Cultural Affairs Officer US Embassy Jakarta, Dr. Bradley Horn mewakili Kedutaan Besar AS serta Alan H. Feinstein sebagai Executive Director AMINEF.

Michael Menufandu, Senior Advisor PT Freeport Indonesia (PTFI), mengata kan, bahwa PTFI telah mendanai penerima beasiswa CCI Program asal Papua dan Papua Barat selama beberapa tahun terakhir. Program CCI dirancang untuk membangun keterampilan teknis peserta dalam penerapan bidang, meningkatkan kemampuan kepemimpin an mereka, dan memperkuat bahasa Inggris mereka agar lebih fasih.

Program ini juga memberikan peluang bagi magang profesional, pembelajaran layanan, dan pertukar an budaya melalui kegiatan keterli batan masyarakat. Peserta tahun ini berasal dari 17 provinsi di Indonesia, ada peserta dari Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Menandai peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dan AS, mendorong pendidikan tinggi di kedua negara adalah salah satu pilar misi diplomatik AS di Indonesia, yang dimiliki Kedutaan Besar AS. Termasuk menyediakan dana untuk enam peserta CCI di antara 26 yang ditunjuk “Peringatan 70 Tahun Indonesia-AS”Fellows CCI.

Selain itu, seperti tahun-tahun sebelum nya, PT Freeport Indonesia murah hati mendukung partisipasi CCI Fellows dari Papua dan Papua Barat.

Sebelum berangkat ke AS, semua peserta menjalani pre departure orientation (PDO) sebelum keberang katan dari 19-21 Juni di Jakarta. Pembicara utama Bradley Horn, Petugas dan Asisten Bahasa Inggris Regional Pejabat Urusan Kebudaya an, Kedutaan Besar AS Jakarta, dan Michael Manufandu, dari PT. Free port Indonesia.

Perwakilan dari Community
College Konsorsium yang mengelola program di AS akan memimpin sesi PDO melalui konferensi video, dan LaRita Campbell dari Departemen Luar Negeri AS, Biro Pendidikan dan Kebudayaan akan memimpin sesi lain di hari kedua.

AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation), yang sebagai Komisi Fulbright di Indonesia mengelola program ini dan lain nya, program pertukaran pendidikan di Indonesia, sedang mengadakan PDO.

Itu Peserta CCI akan diberi pengarahan tentang berbagai aspek kehidupan dan belajar di Amerika Serikat. Alumni CCI dari sebelum nya telah diundang untuk berbagi pengalaman dengan rekan yang berangkat.

Jaringan alumni CCI telah terbukti berharga bagi penerima dan alumni selama dekade terakhir.

Program Community College Initiative (CCI) memberikan kualitas program akademik gelar di community college AS dimaksudkan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat bahasa Inggris-kemahiran bahasa.

Program ini juga memberikan peluang bagi magang profesional, pembelajaran layanan, dan keter libatan kegiatan masyarakat. Peserta CCI direkrut dari sejarah yang kurang terwakili, komunitas yang kurang terlayani di berbagai negara.

Di Indonesia, AMINEF merekrut pelamar di luar kota-kota besar Indonesia dan di provinsi-provinsi di luar Jawa yang secara historis memiliki lebih sedikit kesempatan untuk belajar atau bepergian di luar negeri.

Pada 2017, Program CCI merayakan hari jadinya yang ke 10. Pada mereka sepuluh tahun, hampir 350 Fellows CCI Indonesia telah meningkatkan keterampilan mereka dan keahlian teknis di berbagai bidang, seperti pertanian, awal pendidikan anak-anak, media, pariwisata dan manajemen perhotelan, dan keamanan publik.

Profil dan prestasi beberapa alumni baru adalah disediakan secara terperinci di situs web AMINEF www.aminef.or.id.

Tentang AMINEF

AMINEF didirikan sebagai Komisi Fulbright bina sosial dan didiri kan sebagai yayasan Indonesia pada tahun 1992 untuk mengelola Ful bright Program dan program pertu karan Departemen Luar Negeri AS lainnya di Indonesia.

Dewan Pengawas dan Manajernya terdiri dari orang Indonesia dan Amerika, dengan sebagai ketua bersama kehormatan Duta Besar
AS dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

AMINEF merayakan ulang tahun ke 25 tahun 2017; Program Fulbright di Indonesia dimulai 67 tahun yang lalu. Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa gelar,beasiswa non-gelar ditawarkan kunjungi situs web AMINEF(www.aminef.or.id)

Untuk pembaruan pada peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia, ikuti @USEmbassyJKT di Facebook dan Kericau. Indonesia-USA ke-70 – merayakan keberagaman, kemitraan, dan kemakmuran.